• (024) 6723456
  • edyjogatama@stekom.ac.id

Konsep minimalis cukup digemari kaum milenial lantaran cocok untuk diterapkan pada hunian mungil. Hunian jadi lebih space-saving tanpa mengorbankan kenyamanan saat menghuninya. Mewujudkan rumah impian minimalis bukanlah hal yang sulit. Kunci penerapannya adalah fokus pada kehadiran barang-barang yang sifatnya esensial dan penataan yang rapi.

 

Gunakan Furnitur Multifungsi

Cara yang paling mudah untuk mewujudkan rumah impian minimalis adalah dengan merapikan barang-barang pada wadah yang tertutup. Jika memiliki banyak barang, maka tempat penyimpanan harus ada banyak juga. Namun, perlu diketahui pula kalau terlalu banyak tempat penyimpanan akan membuat rumah semakin sempit. Jadi sebagai solusinya dapat mengunakan furnitur multifungsi yang bisa dimanfaatkan juga sebagai tempat penyimpanan.

 

Furnitur Bergaya Minimalis Wajib Hukumnya

Untuk rumah impian minimalis, tentu furnitur yang digunakan juga harus bergaya minimalis. Ciri khas dari furnitur minimalis adalah memiliki garis/bentuk yang tegas tanpa banyak aksen. Sedangkan, material yang digunakan umumnya berupa kayu, kaca, atau stainless steel dengan warna-warna netral.

Sebagai contoh jika ingin memiliki rumah impian minimalis dengan sentuhan ala Japandi, maka bisa menggunakan furnitur yang bermaterial kayu.  Contoh lain, untuk kebutuhan menyimpan pakaian, sarannya dapat menggunakan lemari pakaian kayu minimalis yang tidak memiliki banyak aksen.

 

Terapkan Area Lesehan

Area lesehan sering diterapkan pada rumah impian minimalis sehingga penghuni tidak perlu membeli banyak kursi atau sofa yang memiliki andil dalam memenuhi ruangan. Untuk menciptakan area lesehan yang nyaman maka dapar menyediakan meja berkaki pendek, karpet, serta bantal duduk yang nyaman.

 

Gaya Hidup Turut Menyempurnakan Rumah Impian Minimalis

Konsep rumah impian minimalis, khususnya desain Japandi, tidak hanya terpaku pada interior saja. Akan tetapi, penerapannya juga dilakukan pada gaya hidup. Beberapa contohnya adalah keseimbangan antara waktu kerja dan beristirahat, pengurangan jumlah barang-barang, konsumsi makanan sehat, hingga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

 

Dekorasi Bernuansa Alami

Sebagai tempat hunian, rumah impian minimalis tetap saja membutuhkan dekorasi. Namun, pertimbangkan pemilihan dekorasi tersebut supaya tidak melenceng dari konsep minimalis. Dekorasi bernuansa alami bisa jadi pilihan yang tepat. Misalnya saja tanaman hias hijau berukuran mungil hingga sedang atau pajangan dari anyaman tanaman. Kalau dekorasi tersebut memiliki fungsi lain, tentu akan memberikan nilai plus pada rumah impian minimalis.

 


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved