• (024) 6723456
  • edyjogatama@stekom.ac.id

Berkat perkembangan zaman, semakin banyak material yang bisa digunakan untuk membuat dinding. Alhasil, pembangunan rumah baru semakin fleksibel karena material yang digunakan bisa disesuaikan berdasarkan budget dan kebutuhan. Salah satu material dinding yang saat ini banyak digunakan adalah gypsum.


 Kelebihan Dinding Gypsum

Bukan tanpa alasan material gypsum banyak dicari untuk digunakan sebagai pembangunan dinding rumah. Ragam kelebihan dinding gypsum ini adalah alasan mengapa orang-orang tertarik menggunakannya :

Pemasangan Dinding Gypsum Lebih Cepat

Berbeda dengan penggunaan dinding dari batu bata ataupun beton, pemasangan dinding gypsum sangatlah cepat. Tentunya, penggunaan dinding gypsum sangatlah efektif untuk seseorang yang sedang mengejar waktu pembangunan rumah baru, terlebih pemasangan yang cepat ini bisa meminimalisir anggaran untuk membayar tukang.

 Bobot Dinding Gypsum Lebih Ringan

Jika dibandingkan lagi dengan beton ataupun batu bata, dinding gypsum pun memiliki bobot yang sangat ringan. Sebagai contoh, dinding batu bata atau beton memiliki bobot sekitar 80 hingga 100 kilogram per meter persegi, sedangkan dinding gypsum hanya memiliki bobot sekitar 30 kilogram saja per meter persegi. Dengan begitu, dinding gypsum lebih cepat untuk dipasang.

 Dinding Gypsum Bisa Dipasang di Mana saja

Berbeda dengan batu bata yang harus dipasangkan di atas balok struktur, dinding gypsum menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih baik. Dinding gypsum bisa dipasang di berbagai area di dalam rumah sehingga semakin mempermudah proses pembangunan rumah baru.

 

Dinding Gypsum Mudah Diperbaiki

Karena mudah dipasang dan berbobot ringan, banyak yang mengira bahwa dinding gypsum sangat rentan mengalami kerusakan. Padahal, meskipun dinding gypsum di rumah mengalami lecet ataupun berlubang, proses perbaikan yang diperlukan sangatlah sederhana sebab hanya perlu menambahkan dempul saja dan juga bisa mengganti bagian pada papan gypsum yang mengalami kerusakan parah sehingga bisa memberikan tampilan lebih fresh.

 Tekstur Rapi pada Dinding Gypsum

Dinding gypsum juga memiliki permukaan yang cenderung rapi. Alhasil, penggunaan dinding gypsum akan membuat tampilan interior rumah terlihat apik dan menawan. Selain itu, tekstur pada dinding gypsum juga sangat halus sehingga mempermudah proses finishing rumah baru seperti saat proses pengecatan.

 Dinding Gypsum Ramah Lingkungan

Proses instalasi dinding gypsum juga tidak memerlukan air sehingga lebih ramah lingkungan dan juga  material ini pun tidak akan mencemari lingkungan sebab bisa melebur langsung dengan tanah.

 

Kekurangan Dinding Gypsum

Meskipun dinding gypsum memiliki banyak kelebihan, tapi terdapat sejumlah kekurangan yang harus diperhatikan. Adapun beberapa kekurangannya adalah:

Dinding Gypsum Tidak Tahan Air

Kekurangan pertama, yakni sangat rentan terhadap air. Dengan demikian, jika terjadi rembesan, maka dinding gypsum akan terkena noda. Selain itu, dinding gypsum pun rentan hancur jika terkena air berjumlah banyak.

 Dinding Gypsum Rentan Terkena Benturan

Kekurangan lainnya adalah dinding gypsum rentan terhadap benturan. Struktur dinding gypsum cukup rapuh saat terkena benturan keras sehingga harus selalu berhati-hati, terlebih saat memindahkan barang atau furnitur yang menempel atau menyentuh dinding seperti sofa, credenza, atau lemari pakaian.

Pasang Dinding Gypsum dengan Teliti

Selain itu, pemasangan dinding gypsum pun memerlukan ketelitian agar hasilnya rapi dan kokoh dan disarankan untuk menggunakan tenaga ahli agar dinding gypsum dapat dipasang secara presisi, rapi, dan tentunya aman saat digunakan.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved