• (024) 6723456
  • edyjogatama@stekom.ac.id

Ada sensasi yang datang dengan menciptakan desain profesional yang indah dengan pena di atas kertas. Kegembiraan ini meningkat ketika mempresentasikan desain di ruang konferensi sebagai tolok ukur untuk brainstorming. Dengan alat yang tepat, seakan sedang dalam perjalanan untuk membuat desain yang sempurna, dan meningkatkan presentasi.

Pentingnya Tablet Gambar untuk Desainer

Seorang desainer selalu memiliki buku sketsanya yang berguna ketika inspirasi muncul, baik itu di tempat kerja atau di lingkungan rumah. Seperti desain, tablet gambar dapat melakukan peran penting dalam profesi desain, terutama saat membuatnya atau selama pertemuan profesional.

Tablet Gambar memacu untuk membuat desain yang paling sempurna saat meletakkan ide-ide yang telah dirumuskan di kepala. Alat ini membantu mencapai tujuan dengan mudah. Dengan pena dan tablet gambar kertas, akan mendapatkan perasaan puas dalam membangun desain dari awal hingga selesai. Perasaan ini datang terutama karena alasan berikut.

– Seperti Asli dan Alami

Tablet Gambar dapat mencerminkan tulisan tangan atau mendesain sesuai keinginan. Ini memberi perasaan alami saat membuat sketsa gratis. Hanya perlu mengambil stylus dan membuat desain menjadi hidup. Semudah itu karena yang penting adalah kreativitas. Sebagai seorang desainer, Tablet Gambar akan memberi perasaan memegang pena yang sebenarnya dan bekerja di atas kertas. Tangan dan gerakan diatur dalam posisi menggambar alami, membuat menjadi lebih kreatif.

Sensor pada tablet hanya membuat pekerjaan lebih sempurna. Banyak orang lebih memilih ini daripada menggunakan mouse karena alasan, Mouse dapat membuat postur tangan kaku, dan mungkin tidak senyaman memegang pena. Dampak langsung dari hal di atas adalah menciptakan desain yang tidak presisi atau ekspresif, terutama untuk sketsa tangan kosong.

 

– Fleksibel

Aspek yang paling menarik dari Tablet Gambar adalah : nantinya secara bertahap dapat membuat diri menjadi ahli dalam pekerjaan. Ada beberapa tablet dengan fitur yang membantu desainer pemula di jalur karir mereka. Tidak masalah apakah membuat desain yang membutuhkan sudut tajam dan presisi untuk ilustrasi yang rumit, atau sketsa tangan. Bagaimanapun, hasilnya seringkali lebih cepat dan lebih mudah dicapai dengan lebih sedikit kerumitan.

– Tablet Gambar Lebih Efektif dan Praktis

Banyak desainer menganggap tablet gambar lebih praktis dan efektif daripada menggunakan alat gambar lain untuk membuat desain. Mereka menemukan bahwa mereka dapat merekam sebagian besar desain mereka dari awal. Dengan ini, mereka dapat melacak kemajuan, kesalahan, dan meningkatkan keterampilan mereka. Untuk proyek yang terus-menerus membutuhkan retouching gambar, tablet gambar akan memudahkan untuk melakukan penyesuaian. Ini selain fakta bahwa desainer dapat membawa proyek ke mana pun ia ingin pergi. Tidak perlu harus terbatas pada lingkungan tempat kerja untuk membuat desain yang inovatif.

– Brainstorming Selama Pertemuan

Pentingnya tablet gambar lebih dari sekadar membantu membuat desain dengan mudah. Ini juga membantu bertukar pikiran selama presentasi sehingga rapat, sehingga lebih produktif. Tablet gambar telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dihubungkan ke perangkat eksternal dan melakukan fungsi seperti memperluas ke layar yang lebih besar. Dalam sesi curah pendapat kolektif rapat, desainer dapat menyambungkan tablet ke proyektor video atau komputer layar yang lebih besar. Sesi curah pendapat bisa lebih produktif dengan Tablet Gambar.

– Peningkatan Interaksi

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan interaksi dalam rapat selain dengan menunjukkan kepada orang-orang apa yang harus mereka bicarakan. Dengan tablet gambar, tidak hanya memberi tahu orang lain tentang ide, juga memberi mereka wawasan. Ruang konferensi menjadi lebih menarik karena mereka dapat melihat, saat membuat dan mengembangkan ide-ide. Ini berguna karena kontribusi individu juga dapat tercermin di layar lebar, dan semua orang mengkritik atau menilai ide secara kolektif.

Menghubungkan Ide-ide dapat membawa ide-ide yang berbeda ke papan gambar dan memetakan bagaimana masing-masing menghubungkan satu sama lain. Ini adalah strategi brainstorming yang berhasil dalam rapat. Misalnya, dalam pertemuan arsitektur, akan dapat memperbaiki rencana tepat di depan semua orang ketika ada pertemuan.

– Membuat Referensi

Selama rapat, akan dapat menonjolkan proyek yang sudah dimulai. Juga dapat memutuskan untuk mengajak rekan kerja untuk menyusuri jejak kerja untuk membantu mereka bertukar pikiran. Hal ini pada gilirannya meningkatkan spontanitas semua orang yang hadir. Fitur ini dapat diakses karena dapat merekam aktivitas di tablet gambar. Umumnya, tablet gambar merupakan alat penting bagi desainer untuk mencapai brainstorming dalam rapat.

Keuntungan Tablet Gambar untuk Desainer

Pentingnya Tablet Gambar untuk desainer didasarkan pada keunggulannya yang tidak ada habisnya, yaitu :

 

- Lebih nyaman dan alami untuk digunakan. Jika terbiasa menggambar di atas kertas dengan pena daripada mouse, akan lebih menikmatinya karena fitur penanya ;

– Alat ini bekerja dengan baik dengan aplikasi desain yang berbeda. Alat ini dapat menampung alat perancangan lainnya untuk membuat pekerjaan cukup mudah;

– Menghasilkan luaran yang lebih cepat dan lebih baik untuk semua jenis desain. Desain yang dibuat pada tablet gambar seringkali sempurna dan presisi, dibandingkan dengan yang dibuat dengan mouse ;

– Dapat menghubungkan perangkat eksternal seperti proyektor dan telepon ke tablet gambar dalam hal rapat dan presentasi;

– Lebih mudah digunakan dan dapat dioperasikan bahkan oleh desainer nonprofesional;

– Alat ini membantu meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pekerjaan. Dengan kemampuan untuk merekam kemajuan pekerjaan, dab dapat mengubah kesalahan;

- Tersedia dalam berbagai ukuran tergantung selera. Tablet gambar bisa sangat kecil, ringan, dan cukup portabel untuk dimasukkan ke dalam ransel atau tas kerja.

Dunia sedang mencari cara untuk membuat segalanya lebih mudah untuk semua jenis profesi. Tablet gambar adalah salah satu alat paling efektif yang dibutuhkan setiap desainer untuk membuat desain hebat dan memimpin rapat konferensi.

Gambar : Add color concept illustration Free Vector Freepik.com

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved