• (024) 6723456
  • edyjogatama@stekom.ac.id

Tips Menentukan Warna untuk Website yang Efektif

1. Pelajari Branding yang Digunakan

Branding adalah citra untuk membangun kesan tertentu dan memudahkan orang-orang mengidentifikasi suatu merek atau identitas perusahaan.

Faktanya, warna memudahkan 80% orang untuk mengenali suatu brand. Karena itu, menentukan warna website harus berpedoman pada branding perusahaan. Supaya, website tampil konsisten dan brandingnya kuat.

Perusahaan McDonald’s, misalnya. Memiliki ciri khas warna merah dan kuning, website mereka pun dipoles dengan kombinasi warna website yang sama.

Kombinasi warna web McDonald's

2. Ketahui Tujuan Website dan Setiap Halamannya

Cara menentukan warna untuk website yang berikutnya, ketahui tujuan web dan setiap halamannya (web page).

Misalnya, home page berfungsi sebagai ruang tamu yang menyambut pengunjung situs. Sehingga, warna branding harus terlihat cukup mencolok di sana. Bisa itu pada header, slider, dan lain-lain.

Warna website Niagahoster sesuai tujuan

Namun, lain jadinya warna pada landing page. Karena fokusnya menggenjot konversi, maka kombinasi warna landing page harus menonjolkan tombol CTA, opsi produk, dll.

Kombinasi warna pada landing page

3. Sesuaikan Warna Website dengan Target Pasar

Setiap konsumen punya ketertarikan warna yang berbeda sesuai umur maupun jenis kelaminnya. 

Mari lihat warna website berita seperti CNN. Untuk membangun kesan serius dan jujur pada target audiens yang sebagian besar remaja hingga orang tua, CNN menggunakan kombinasi warna web merah, hitam, dan putih.

Sekarang, bayangkan jika CNN memoles warna website dengan ungu atau hijau. Kemungkinan malah akan terlihat seperti situs berita yang kurang serius, bukan?

Warna website harus sesuai target pasar

4. Pastikan Seluruh Bagian Terlihat Jelas

Kontras teks dalam desain website cukup penting. Sebab, audiens akan menangkap informasi melalui teks yang ada pada situs. Karena itu, teks harus mudah dibaca dan tidak membuat mata lelah. Caranya, berikan kontras sehingga audiens bisa membedakan antara warna teks dengan warna website.

Gunakan teks warna gelap untuk background terang. Sebaliknya, gunakan warna terang untuk teks dengan background gelap.

Tipografi yang baik membuat bagian website terlihat jelas


Situs untuk Menemukan Kombinasi Warna Website Terbaik

Berikut adalah tujuh situs untuk menemukan kombinasi warna website terbaik.

1. Adobe Colour CC

Adobe Colour CC adalah salah satu situs yang cukup populer untuk memilih kombinasi warna desain web.

Adobe Colour CC

Di sini ada roda warna yang bebas Anda geser sesuka hati. Bahkan, tersedia juga banyak opsi Color Harmony yang bisa Anda atur sesui base color yang diinginkan.

2. Canva

Berikutnya, Canva. Mirip seperti Adobe Colour CC, Canva menyediakan roda warna dengan tampilan simple dan minimalis.

Canva

Anda pun bisa mengatur tipe Color Harmony sendiri. Namun, opsi yang tersedia di sini memang tidak selengkap Adobe Colour CC.

3. Colrd

Di Colrd, ada banyak desain warna web inspiratif. Bahkan, Anda akan menemukan palet warna dari beraneka gambar.

Colrd

Selain palet warna, juga terdapat menu gradient. Di sini, banyak orang membagikan kombinasi warna web yang bisa Anda adopsi untuk situs Anda.

4. Gradient Hunt

Dengan Gradien Hunt, banyak inspirasi warna website menanti Anda temukan. Silakan download versi PNG-nya ataupun salin kode CSS supaya bisa mendesain web lebih cepat.

Gradient Hunt

Dan bagi Anda yang ingin praktis, Gradient Hunt juga tersedia versi ekstensi untuk browser Chrome, lho. Jadi, Anda tak hanya bisa mengakses lewat website saja tapi langsung melalui Chrome.

5. UI Gradients

UI Gradients adalah tools kombinasi warna web yang cukup sederhana. Anda hanya perlu memilih warna dasar yang diinginkan, lalu UI Gradients akan menampilkan berbagai variasi gradasinya.

UI Gradients

Serunya, selain bisa langsung meng-copy kode warna, UI Gradients juga menyediakan kode CSS-nya. Sehingga, bisa segera Anda gunakan untuk memoles warna website.

6. MyColor Space

Keunikan dari tools kombinasi warna desain web MyColor Space adalah adanya berbagai sugesti palet warna web. Cukup masukkan kode warna, kemudian MyColor Space akan membawakan beraneka sugesti palet dan skema warna.

MyColor Space

7. Web Gradients

Web Gradients menjadi tools kombinasi warna untuk website yang akan kita bahas. Di sini Anda bisa mendapatkan ratusan inspirasi gradasi dari berbagai warna dasar.

Web Gradient

Meski hanya menyediakan kombinasi warna web tipe gradasi linear, Web Gradients memungkinkan Anda menyalin kode CSS secara cepat. Bahkan, mengunduh versi PNG-nya juga.

Sampai sini, Anda sudah jauh memahami bagaimana menentukan kombinasi warna web terbaik. Kami juga memberikan beberapa contoh inspirasi desain website sebagai inspirasi Anda.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved